Codev-19

Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengimbau kepada seluruh sekolah untuk menggencarkan sosialisasi mengenai virus corona atau COVID-19 yang saat ini sudah masuk ke Indonesia. Imbauan itu merupakan tindak lanjut dari Instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang virus corona.

“SMK Negeri 42 Jakarta melakukan sosialisasi yang disampaikan Kepala Suku Dinas Pendidikan Kota Jakarta Barat “Agus Ramdani” yang didampingi oleh Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat “Dr. Weningtyas Purnomo Rini, MARS” tentang gejala, tanda, dan cara pencegahan penularan infeksi corona virus kepada seluruh guru, karyawan, peserta didik, orang tua peserta didik, Senin 9 Maret 2020.

Selain itu, Nahdiana meminta sekolah menerapkan pola hidup bersih seperti rajin cuci tangan menggunakan sabun, mengonsumsi makanan bergizi, dan istirahat yang cukup. Sekolah juga diimbau membatasi kegiatan siswanya di luar sekolah.

“Serta mengimbau warga sekolah yang sakit untuk beristirahat di rumah,” ujar Nahdiana.

Pihak sekolah juga diimbau untuk melakukan laporan secara berkala mengenai kondisi sekolahnya ke Dinas Pendidikan melalui laman khusus. Mereka diminta melaporkan warga sekolah yang terindikasi sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan sesak napas ke Puskesmas terdekat.

Presiden Jokowi sebelumnya mengakui bahwa sudah ada kasus positif virus corona di Indonesia pada Senin, 2 Maret 2020. Jokowi menyebut dua orang warga negara Indonesia (WNI) yang ini tertular dari warga negara Jepang yang positif Corona, kemudian bertamu ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengimbau kepada seluruh sekolah negeri dan swasta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

Langkah tersebut salah satunya dilakukan dengan memberikan informasi kepada siswa dan orang tua mengenai upaya pencegahan dan penanganan virus corona.

“Saya mengimbau kepada para Kepala Sekolah, baik itu negeri maupun swasta, dan Kepala Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, untuk melakukan tindakan preventif dan antisipatif terhadap penyebaran virus ini,” kata Kepala Disdik DKI, Nahdiana di Jakarta

Nahdiana mengeluarkan surat edaran mengenai imbauan kewaspadaan terhadap virus corona di lingkungan sekolah dan kegiatan belajar. Surat tersebut diberi nomor 16 / SE / 2020 dan telah terbit sejak kemarin, Selasa (3/3).

Selain meminta sekolah untuk melakukan sosialisasi mengenai pencegahan virus corona, surat itu juga mengimbau seluruh warga sekolah untuk menerapkan pola hidup sehat. Kemudian, membatasi kegiatan siswa di luar lingkungan sekolah dan keramaian.

“Jika ditemukan warga SMK N 42 yang terindikasi gejala demam disertai batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan sesak nafas, segera melaporkan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat,” ujar Dr. Weningtyas Purnomo Rini, MARS.

Tulisan ini dipublikasikan di Kesiswaan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *