Bisnis Daring dan Pemasaran

Kepala Kompetensi Sarwati, SPd
NIP 196403272016062000
Pendidikan Akhir S1 IKIP-Pendidikan Dunia Usaha
Periode 2018 s.d Sekarang
Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tatakelola Perkantoran

Visi

Mewujudkan Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran kualitas dan religius dibidang bisnis untuk menanggapi persaingan di era global.

Misi

  1. Membekali siswa dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang bermartabat serta bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Membangun institusi tangguh dan kondusif yang berbasis kerjasama dengan berbagai pihak.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kompetensi keahlian pemasaran berbasis kecakapan hidup sesuai dengan kebutuhan dunia usaha / dunia industri.
  4. Menghasilkan lulusan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dan profesional di bidang pemasaran , mampu hidup mandiri serta dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
  5. Menjadikan sekolah sebagai pusat uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran.
  6. Menjadikan Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran sebagai kompetensi keahlian Sekolah Nasional Berstandar Internasional

Tujuan Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa, berakhlak mulia, produktif, adaptif, kreatif dan inovatif di bidang Bisnis Manajemen khususnya kompetensi keahlian Pemasaran, serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
  2. Menjalin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan DU/DI untuk pelaksanaan Prakerin siswa guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan siswa.
  3. Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup di bidang Bisnis – Pemasaran (Marketing)
  4. Menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dibidang pemasaran untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan pendidikan lebih lanjut.
  5. Menjadikan Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, tempat uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi keahlian pemasaran
  6. Menghasilkan tamatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja di bidang Pemasaran,baik nasional maupun internasional.
  7. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
    • Memahami prinsip- prinsip bisnis
    • Menata produk
    • Melaksanakan negosiasi
    • Melaksanakan proses administrasi transaksi
    • Melakukan penyerahan/ pengiriman produk
    • Melaksanakan penagihan pembayaran
    • Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
    • Menemukan peluang baru dari pelanggan
    • Melaksanakan pelayanan prima ( service excellent)
    • Membuka usaha eceran/ ritel (expansion store opening)
    • Melakukan pemasaran barang dan Jasa

 

STRUKTUR KURIKULUM SMK

BIDANG KEAHLIAN             : BISNIS DAN MANAJEMEN

PROGRAM KEAHLIAN        : Bisnis dan Pemasaran

PAKET KEAHLIAN                : Bisnis Daring dan Pemasaran

MATA PELAJARAN

KELAS

X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4. Matematika 4 4 4 4 4 4
5. Sejarah Indonesia 3 3
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
Jumlah A 19 19 15 15 15 15
B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya 3 3
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2
Jumlah B 5 5 2 2
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3
2. Ekonomi Bisnis 2 2
3. Administrasi Umum 2 2
4. IPA 2 2
C2. Dasar Program Keahlian
1. Marketing 4 4
2. Perencanaan Bisnis 4 4
3. Komunikasi Bisnis 5 5
C3. Kompetensi Keahlian
1. Penataan Produk 4 4 6 6
2. Bisnis Online 7 7 7 7
3. Pengelolaan Bisnis Ritel 6 6 6 6
4. Administrasi Transaksi 7 7 6 6
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 7 7 8 8
Jumlah C 22 22 31 31 33 33
Total 46 46 48 48 48 48
Struktur Kurikulum 2018 smkn42