Nama Ketua Kompetensi | : Marsudi, S.Pd |
NIP | : 197306172022211003 |
Pendidkan Akhir | : S1-Administrasi Perkantoran |
Periode | : 2022 s.d Sekarang |
Nama Ketua Kompetensi | : Martha Sipangkar, S.Pd |
NIP | : 199306142020122019 |
Pendidkan Akhir | : S1-Administrasi Perkantoran |
Periode | : 2021 s.d 2022 |
Nama Ketua Kompetensi | : Warsiti, M.Pd |
NIP | : 196604021990032007 |
Pendidkan Akhir | : S2-Manajemen Pendidikan |
Periode | : 2017 s.d 2021 |
Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran merupakan salah satu dari 4 Kompetensi keahlian yang ada dan menjadi jurusan unggulan di SMK Negeri 42 Jakarta. Pada kompetensi keahlian ini, siswa dibekali dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap untuk menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki kecakapan dalam bidang pengelolaan administrasi perkantoran yang kompeten. Dengan adanya program keahlian ini diharapkan dapat mencetak tenaga-tenaga yang terampil, kompetitif, berkepribadian, dan profesional demi mencukupi kebutuhan tenaga kerja administrasi dalam lingkungan pekerjaan kantor untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
- TujuanUmum
Tujuan umum Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang administrasi perkantoran.
- Tujuan Khusus
Tujuan khusus Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten:
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat,
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien,
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya,
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/ dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga,
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggung jawabkan,
- Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat untuk semua pihak.
- Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran / materi yang diajarkan adalah sebagai berikut:
- Pengantar Ekonomi Bisnis
- Pengantar Administrasi Perkantoran
- Pengantar Akuntansi
- Otomatisasi Perkantoran
- Korespondensi
- Kearsipan
- Simulasi Digital
- Administrasi Kepegawaian
- Administrasi Keuangan
- Administrasi Sarana Prasarana
- Administrasi Humas dan Keprotokolan
- Kompetensi Lulusan Keahlian Administrasi Perkantoran
Kompetensi Lulusan Keahlian Administrasi Perkantoran ini dirancang dalam rangka menciptakan tenaga kerja terampil pada bidang-bidang pekerjaan sebagai berikut :
- Pengetikan naskah atau dokumen
- Penanganan telepon
- Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen
- Penataan dan pengelolaan arsip
- Penanganan perjalanan bisnis
- Penanganan dana kas kecil
- Penyiapan pertemuan atau rapat
- Penanganan aplikasi
- Penanganan informasi melalui internet
- Prospek Kerja
Secara spesifik pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan Administrasi Perkantoran antara lain:
- Sekretaris Junior
- Petugas Administrasi
- Petugas Kearsipan
- Petugas Perpustakaan
- Resepsionis
- Operator Telepon
- Juru Ketik
- Wirausaha Mandiri
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam:
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara lisan maupun tertulis dengan relasi, dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan manajemen untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga
- Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam bidang keuangan sehingga aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan
BIDANG STUDI KEAHLIAN | : BISNIS DAN MANAJEMEN |
PROGRAM KEAHLIAN | : Manajemen Perkantoran |
KOMPETENSI KEAHLIAN | : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran |
MATA PELAJARAN |
KELAS | ||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional | |||||||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 3 | 3 | 2 | 2 |
4. | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
5. | Sejarah Indonesia | 3 | 3 | – | – | – | – |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
Jumlah A | 19 | 19 | 15 | 15 | 15 | 15 | |
B. Muatan Kewilayahan | |||||||
1. | Seni Budaya | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga danKesehatan | 2 | 2 | 2 | 2 | – | – |
Jumlah B | 5 | 5 | 2 | 2 | – | – | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | |||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian | |||||||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Ekonomi Bisnis | 2 | 2 | – | – | – | – |
3. | Administrasi Umum | 2 | 2 | – | – | – | – |
4. | IPA | 2 | 2 | – | – | – | – |
C2. Dasar Program Keahlian | |||||||
1. | Teknologi Perkantoran | 4 | 4 | – | – | – | – |
2. | Korespondensi | 5 | 5 | – | – | – | – |
3. | Kearsipan | 4 | 4 | – | – | – | – |
C3. Kompetensi Keahlian | |||||||
1. | Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian | – | – | 6 | 6 | 7 | 7 |
2. | Otomatisasi Tata Kelola Keuangan | – | – | 6 | 6 | 6 | 6 |
3. | Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana | – | – | 6 | 6 | 6 | 6 |
4. | Otomatisasi Tata KelolaHumas dan Keprotokolan | – | – | 6 | 6 | 6 | 6 |
5. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | – | – | 7 | 7 | 8 | 8 |
Jumlah C | 22 | 22 | 31 | 31 | 33 | 33 | |
Total | 46 | 46 | 48 | 48 | 48 | 48 |