Administrasi Perkantoran


Nama Ketua Kompetensi : Marsudi, S.Pd
NIP : 197306172022211003
Pendidkan Akhir : S1-Administrasi Perkantoran
Periode : 2022 s.d Sekarang

Nama Ketua Kompetensi : Martha Sipangkar, S.Pd
NIP : 199306142020122019
Pendidkan Akhir : S1-Administrasi Perkantoran
Periode : 2021 s.d 2022

Nama Ketua Kompetensi : Warsiti, M.Pd
NIP : 196604021990032007
Pendidkan Akhir : S2-Manajemen Pendidikan
Periode : 2017 s.d 2021

Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran merupakan salah satu dari 4 Kompetensi keahlian yang ada dan menjadi jurusan unggulan di SMK Negeri 42 Jakarta. Pada kompetensi keahlian ini, siswa dibekali dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap untuk menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki kecakapan dalam bidang pengelolaan administrasi perkantoran yang kompeten. Dengan adanya program keahlian ini diharapkan dapat mencetak tenaga-tenaga yang terampil, kompetitif, berkepribadian, dan profesional demi mencukupi kebutuhan tenaga kerja administrasi dalam lingkungan pekerjaan kantor untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

  • TujuanUmum

Tujuan umum Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang administrasi perkantoran.

  •   Tujuan Khusus

Tujuan khusus Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten:

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat,
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien,
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya,
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/ dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga,
  5. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggung jawabkan,
  6. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat untuk semua pihak.
  •  Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran

       Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran / materi yang diajarkan adalah sebagai  berikut:

  1. Pengantar Ekonomi Bisnis
  2. Pengantar Administrasi Perkantoran
  3. Pengantar Akuntansi
  4. Otomatisasi Perkantoran
  5. Korespondensi
  6. Kearsipan
  7. Simulasi Digital
  8. Administrasi Kepegawaian
  9. Administrasi Keuangan
  10. Administrasi Sarana Prasarana
  11. Administrasi Humas dan Keprotokolan
  •  Kompetensi Lulusan Keahlian Administrasi Perkantoran

            Kompetensi Lulusan Keahlian Administrasi Perkantoran ini dirancang dalam rangka menciptakan tenaga kerja terampil pada bidang-bidang pekerjaan sebagai berikut : 

  1.  Pengetikan naskah atau dokumen
  2.  Penanganan telepon
  3.  Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen
  4.  Penataan dan pengelolaan arsip
  5.  Penanganan perjalanan bisnis
  6.  Penanganan dana kas kecil
  7.  Penyiapan pertemuan atau rapat
  8.  Penanganan aplikasi
  9.  Penanganan informasi melalui internet
  • Prospek Kerja

      Secara spesifik pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan Administrasi Perkantoran antara lain:

  1.  Sekretaris Junior
  2.  Petugas Administrasi
  3.  Petugas Kearsipan
  4.  Petugas Perpustakaan
  5.  Resepsionis
  6.  Operator Telepon
  7.  Juru Ketik
  8.  Wirausaha Mandiri

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam:

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara lisan maupun tertulis dengan relasi, dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan manajemen untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya.
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga
  5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak
  6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam bidang keuangan sehingga aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan

 

BIDANG STUDI KEAHLIAN : BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM KEAHLIAN : Manajemen Perkantoran
KOMPETENSI KEAHLIAN Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

 

MATA PELAJARAN

KELAS

X

XI

XII

1 2 1 2 1

2

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4. Matematika 4 4 4 4 4 4
5. Sejarah Indonesia 3 3
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
Jumlah A 19 19 15 15 15 15
B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya 3 3
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga danKesehatan 2 2 2 2
Jumlah B 5 5 2 2
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3
2. Ekonomi Bisnis 2 2
3. Administrasi Umum 2 2
4. IPA 2 2
C2. Dasar Program Keahlian
1. Teknologi Perkantoran 4 4
2. Korespondensi 5 5
3. Kearsipan 4 4
C3. Kompetensi Keahlian
1. Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian 6 6 7 7
2. Otomatisasi Tata Kelola Keuangan 6 6 6 6
3. Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana 6 6 6 6
4. Otomatisasi Tata KelolaHumas dan Keprotokolan 6 6 6 6
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 7 7 8 8
Jumlah C 22 22 31 31 33 33
Total 46 46 48 48 48 48
Struktur Kurikulum 2018 smkn42