Visi Misi

VISI, MISI DAN TUJUAN
SMK NEGERI 42 JAKARTA

 

VISI :

MEWUJUDKAN TAMATAN YANG UNGGUL BERKARAKTER PANCASILA BERDASARKAN IMTAK, IPTEK, BERBASIS KEWIRAUSAHAAN, DAN BERWAWASAN GLOBAL

MISI :

  1. MENENERAPKAN PERILAKU SESUAI DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA: Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, Dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, Dan Kreatif.
  2. MENGEMBANGKAN KULTUR DAN BUDAYA SEKOLAH UNTUK MEMBERDAYAKAN PESERTA DIDIK BERKARAKTER, KREATIF DAN KOMPETITIF.
  3. MENGOPTIMALKAN POTENSI PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF AGAR KOMPETEN DAN MEMPEROLEH PENGAKUAN BERUPA SERTIFIKASI PROFESI.
  4. MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KEAHLIAN ,  ILMU PENGETAHUAN BERBASIS TEKNOLOGI BERDASARKAN MINAT, BAKAT, DAN POTENSI PESERTA DIDIK.
  5. MEMBINA KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN, KEWIRAUSAHAAN,  PENGEMBANGAN DIRI YANG TERENCANA ,  DAN BERKESINAMBUNGAN.
  6. MEMBANGUN NETWORKING DENGAN IDUKA/PRAKTISI, DAN PEMERHATI PENDIDIKAN DALAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN, DAN PEMASARAN TAMATAN.
  7. MENGEMBANGKAN SARANA PRASARANA SESUAI KEBUTUHAN MASING-MASING KOMPETENSI KEAHLIAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN DAN PERSAINGAN GLOBAL


INDIKATOR VISI :

  1. DIKATAKAN UNGGUL APABILA :
    • BERKEPRIBADIAN LUHUR, BERAKHLAK MULIA , BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA.
    • MENAATI NORMA DAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA SERTA SADAR TERHADAP PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN.
    • MEMPEROLEH PENINGKATAN PADA HASIL PRESTASI AKADEMIK MAUPUN NON AKADEMIK  TINGKAT WILAYAH, PROVINSI, DAN NASIONAL DI SEGALA BIDANG LOMBA SKALA BERJENJANG.
    • MENGOPTIMALKAN PERBAIKAN, PERLENGKAPAN KONDISI SEKOLAH HINGGA TERCAPAI STANDAR MINIMAL KESIAPAN SEKOLAH
    • MENGOPTIMALKAN PERBAIKAN, PENGEMBANGAN MUTU KELEMBAGAAN DALAM MELAYANI PESERTA DIDIK SESUAI HARAPAN MASYARAKAT REGIONAL, NASIONAL, MAUPUN GLOBAL.
  2. DIKATAKAN BERIMAN DAN BERTAKWA APABILA:
    • TAAT DALAM BERIBADAH
    • BEBAS KOMIBAH ( BERANTAKAN RAPIKAN, BASAH KERINGKAN, KOTOR BERSIHKAN, MIRING LURUSKAN, BAHAYA HINDARKAN).
    • MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI IKHLAS, JUJUR, DAN TAWADUK.
    • MEMBANGUN SIKAP BERANI, DAN DISIPLIN
    • TAAT PROTOKOL KESEHATAN
  3. DIKATAKAN MENGUASAI IPTEK APABILA :
    • KOMPETEN SESUAI DENGAN KOMPETENSI KEAHLIAN YANG DIPILIHNYA
    • MAMPU BERSAING DALAM BERWIRAUSAHA MAUPUN MENGISI LOWONGAN KERJA YANG ADA PADA DUDIKA (DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI/DUNIA KERJA) REGIONAL, NASIONAL, MAUPUN GLOBAL.
  4. DIKATAKAN BERJIWA KEWIRAUSAHAAN, APABILA:
    • SIAP BERUBAH, MENGUASAI ILMU DAN KONSISTEN
  5. DIKATAKAN BERWAWASAN GLOBAL APABILA:
    • SIAP MENGHADAPI PERUBAHAN DAN PERSAINGAN GLOBAL
    • BERPIKIR POSITIF TERHADAP HALYANG BAIK, ATAU BURUK YANG MELANDA SELURUH DUNIA
    • PROFESIONAL DAN BERSTANDAR INTERNASIONAL PADA KOMPETENSI KEAHLIAN YANG DIPILIHNYA.

INDIKATOR MISI :

  1. TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERBUDI PEKERTI LUHUR, BERAKHLAK MULIA, MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA.
  2. TERWUJUDNYA KULTUR DAN BUDAYA SEKOLAH UNTUK MEMBERDAYAKAN PESERTA DIDIK BERKARAKTER, KREATIF DAN KOMPETITIF
  3. MENINGKATNYA KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN SDM INTERNAL WARGA SEKOLAH UNTUK MENGOPTIMALKAN POTENSI PESERTA DIDIK MELALUI PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF SEHINGGA KOMPETEN MENDAPATKAN PENGAKUAN DARI LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI.
  4. MENINGKATNYA KEMAMPUAN KOMPETENSI KEAHLIAN, ILMU PENGETAHUAN BERBASIS TEKNOLOGI BERDASARKAN MINAT, BAKAT, DAN POTENSI PESERTA DIDIK.
  5. MENINGKATNYA KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN, KEWIRAUSAHAAN, PENGEMBANGAN DIRI YANG TERENCANA ,  DAN BERKESINAMBUNGAN.
  6. MENINGKATNYA JALINAN NETWORKING DENGAN DUDIKA/PRAKTISI, DAN PEMERHATI PENDIDIKAN DALAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN, DAN PEMASARAN/PENELUSURAN TAMATAN.
  7. TERDAPAT REVITALISASI SARANA PRASARANA SESUAI KEBUTUHAN MASING-MASING KOMPETENSI KEAHLIAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN DAN PERSAINGAN GLOBAL.

 

TUJUAN :

  1. MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH YANG RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN AGAR TERBENTUK PESERTA DIDIK YANG BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERBUDI PEKERTI LUHUR, DAN BERAKHLAK MULIA.
  2. MELAKSANAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF DAN EFEKTIF PADA SEMUA MATA PELAJARAN AGAR PESERTA DIDIK KOMPETEN MEMPEROLEH PENGAKUAN DENGAN SERTIFIKASI PROFESI.
  3. MENYELENGGARAKAN BERBAGAI KEGIATAN SOSIAL AGAR MENINGKATKAN KARAKTER BANGSA
  4. TERCIPTA ORGANISASI SEKOLAH SEBAGAI LEMBAGA DIKLAT YANG TERSISTEM, BERMUTU, DAN PROFESIONAL SERTA MENGUPAYAKAN PENINGKATAN KUALITAS SDM DAN ETOS KERJA SESUAI PERKEMBANGAN IPTEK.
  5. TERCIPTA TAMATAN YANG MANDIRI DAN MAMPU MENGEMBANGKAN DIRI SECARA TERENCANA DAN BERKESINAMBUNGAN MELALUI  PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN.
  6. MENGEMBANGKAN BERBAGAI KEGIATAN DALAM PROSES BELAJAR DI KELAS DAN MELAKSANAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SECARA AKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA.
  7. MENYEDIAKAN FASILITAS PENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS TIK.
  8. MENGHASILKAN TAMATAN YANG KOMPETEN, PROFESIONAL DAN MANDIRI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR KERJA BAIK TINGKAT LOKAL, NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL.
  9. MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS PENGADAAN SARANA PRASARANA, DAN PELAYANAN DIKLAT PENDUKUNG PROGRAM KEGIATAN SEKOLAH.
  10. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPETENSI KEAHLIAN , ILMU PENGETAHUAN BERBASIS TEKNOLOGI BERDASARKAN MINAT, BAKAT, DAN POTENSI PESERTA DIDIK.
  11. TERBENTUKNYA KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN, KEWIRAUSAHAAN, PENGEMBANGAN DIRI YANG TERENCANA ,  DAN BERKESINAMBUNGAN.
  12. MENJALIN NETWORKING YANG SALING MENGUNTUNGKAN DENGAN DUDIKA/PRAKTISI, DAN PEMERHATI PENDIDIKAN DALAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN, DAN PEMASARAN/PENELUSURAN
  13. TERLAKSANANYA REVITALISASI SARANA PRASARANA SESUAI KEBUTUHAN MASING-MASING KOMPETENSI KEAHLIAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN DAN PERSAINGAN GLOBAL.

Berikut ini adalah tautan ke file SERTIFIKAT AKREDITASI 20101500 SMK Negeri 42 Jakarta Tahun 2019 https://s.docworkspace.com/d/ABoQ5QeNu6okguWL58OmFA