VISI, MISI DAN TUJUAN
SMK NEGERI 42 JAKARTA
VISI :
MEWUJUDKAN TAMATAN YANG UNGGUL BERDASARKAN IMTAK, IPTEK, BERBASIS KEWIRAUSAHAAN, DAN BERWAWASAN GLOBAL
MISI :
- MENINGKATKAN KUALITAS IMAN, TAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA MELALUI KEGIATAN IBADAH DAN PENGAMALAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SEHINGGA TERWUJUD PESERTA DIDIK YANG BERBUDI PEKERTI LUHUR, DAN BERAKHLAK MULIA
- MENGEMBANGKAN KULTUR DAN BUDAYA SEKOLAH UNTUK MEMBERDAYAKAN PESERTA DIDIK BERKARAKTER, KREATIF DAN KOMPETITIF.
- MENGOPTIMALKAN POTENSI PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF AGAR KOMPETEN DAN MEMPEROLEH PENGAKUAN BERUPA SERTIFIKASI PROFESI.
- MENGEMBANGKAN KOMPETENSI KEAHLIAN , ILMU PENGETAHUAN BERBASIS TEKNOLOGI BERDASARKAN MINAT, BAKAT, DAN POTENSI PESERTA DIDIK.
- MEMBINA KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN, KEWIRAUSAHAAN, PENGEMBANGAN DIRI YANG TERENCANA , DAN BERKESINAMBUNGAN.
- MEMBANGUN NETWORKING DENGAN DUDIKA/PRAKTISI, DAN PEMERHATI PENDIDIKAN DALAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN, DAN PEMASARAN TAMATAN.
- MENGEMBANGKAN SARANA PRASARANA SESUAI KEBUTUHAN MASING-MASING KOMPETENSI KEAHLIAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN DAN PERSAINGAN GLOBAL.
INDIKATOR VISI :
- DIKATAKAN UNGGUL APABILA :
- BERKEPRIBADIAN LUHUR, BERAKHLAK MULIA , BERIMAN, DAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA.
- MENAATI NORMA DAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA, DAN BERNEGARA SERTA SADAR TERHADAP PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN.
- MEMPEROLEH PENINGKATAN PADA HASIL PRESTASI AKADEMIK MAUPUN NON AKADEMIK TINGKAT WILAYAH, PROVINSI, DAN NASIONAL DI SEGALA BIDANG LOMBA SKALA BERJENJANG.
- MENGOPTIMALKAN PERBAIKAN, PERLENGKAPAN KONDISI SEKOLAH HINGGA TERCAPAI STANDAR MINIMAL KESIAPAN SEKOLAH
- MENGOPTIMALKAN PERBAIKAN, PENGEMBANGAN MUTU KELEMBAGAAN DALAM MELAYANI PESERTA DIDIK SESUAI HARAPAN MASYARAKAT REGIONAL, NASIONAL, MAUPUN GLOBAL.
- DIKATAKAN BERIMAN DAN BERTAKWA APABILA:
- TAAT DALAM BERIBADAH
- BEBAS KOMIBAH ( BERANTAKAN RAPIKAN, BASAH KERINGKAN, KOTOR BERSIHKAN, MIRING LURUSKAN, BAHAYA HINDARKAN).
- MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI IKHLAS, JUJUR, DAN TAWADUK.
- MEMBANGUN SIKAP BERANI, DAN DISIPLIN
- TAAT PROTOKOL KESEHATAN
- DIKATAKAN MENGUASAI IPTEK APABILA :
- KOMPETEN SESUAI DENGAN KOMPETENSI KEAHLIAN YANG DIPILIHNYA
- MAMPU BERSAING DALAM BERWIRAUSAHA MAUPUN MENGISI LOWONGAN KERJA YANG ADA PADA DUDIKA (DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI/DUNIA KERJA) REGIONAL, NASIONAL, MAUPUN GLOBAL.
- DIKATAKAN BERJIWA KEWIRAUSAHAAN, APABILA:
- SIAP BERUBAH, MENGUASAI ILMU DAN KONSISTEN
- DIKATAKAN BERWAWASAN GLOBAL APABILA:
- SIAP MENGHADAPI PERUBAHAN DAN PERSAINGAN GLOBAL
- BERPIKIR POSITIF TERHADAP HALYANG BAIK, ATAU BURUK YANG MELANDA SELURUH DUNIA
- PROFESIONAL DAN BERSTANDAR INTERNASIONAL PADA KOMPETENSI KEAHLIAN YANG DIPILIHNYA.
INDIKATOR MISI :
- TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERBUDI PEKERTI LUHUR, DAN BERAKHLAK MULIA
- TERWUJUDNYA KULTUR DAN BUDAYA SEKOLAH UNTUK MEMBERDAYAKAN PESERTA DIDIK BERKARAKTER, KREATIF DAN KOMPETITIF
- MENINGKATNYA KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN SDM INTERNAL WARGA SEKOLAH UNTUK MENGOPTIMALKAN POTENSI PESERTA DIDIK MELALUI PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF SEHINGGA KOMPETEN MENDAPATKAN PENGAKUAN DARI LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI.
- MENINGKATNYA KEMAMPUAN KOMPETENSI KEAHLIAN, ILMU PENGETAHUAN BERBASIS TEKNOLOGI BERDASARKAN MINAT, BAKAT, DAN POTENSI PESERTA DIDIK.
- MENINGKATNYA KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN, KEWIRAUSAHAAN, PENGEMBANGAN DIRI YANG TERENCANA , DAN BERKESINAMBUNGAN.
- MENINGKATNYA JALINAN NETWORKING DENGAN DUDIKA/PRAKTISI, DAN PEMERHATI PENDIDIKAN DALAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN, DAN PEMASARAN/PENELUSURAN TAMATAN.
- TERDAPAT REVITALISASI SARANA PRASARANA SESUAI KEBUTUHAN MASING-MASING KOMPETENSI KEAHLIAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN DAN PERSAINGAN GLOBAL.
TUJUAN :
- MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH YANG RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN AGAR TERBENTUK PESERTA DIDIK YANG BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERBUDI PEKERTI LUHUR, DAN BERAKHLAK MULIA.
- MELAKSANAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF DAN EFEKTIF PADA SEMUA MATA PELAJARAN AGAR PESERTA DIDIK KOMPETEN MEMPEROLEH PENGAKUAN DENGAN SERTIFIKASI PROFESI.
- MENYELENGGARAKAN BERBAGAI KEGIATAN SOSIAL AGAR MENINGKATKAN KARAKTER BANGSA
- TERCIPTA ORGANISASI SEKOLAH SEBAGAI LEMBAGA DIKLAT YANG TERSISTEM, BERMUTU, DAN PROFESIONAL SERTA MENGUPAYAKAN PENINGKATAN KUALITAS SDM DAN ETOS KERJA SESUAI PERKEMBANGAN IPTEK.
- TERCIPTA TAMATAN YANG MANDIRI DAN MAMPU MENGEMBANGKAN DIRI SECARA TERENCANA DAN BERKESINAMBUNGAN MELALUI PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN.
- MENGEMBANGKAN BERBAGAI KEGIATAN DALAM PROSES BELAJAR DI KELAS DAN MELAKSANAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SECARA AKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA.
- MENYEDIAKAN FASILITAS PENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS TIK.
- MENGHASILKAN TAMATAN YANG KOMPETEN, PROFESIONAL DAN MANDIRI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR KERJA BAIK TINGKAT LOKAL, NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL.
- MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS PENGADAAN SARANA PRASARANA, DAN PELAYANAN DIKLAT PENDUKUNG PROGRAM KEGIATAN SEKOLAH.
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPETENSI KEAHLIAN , ILMU PENGETAHUAN BERBASIS TEKNOLOGI BERDASARKAN MINAT, BAKAT, DAN POTENSI PESERTA DIDIK.
- TERBENTUKNYA KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN, KEWIRAUSAHAAN, PENGEMBANGAN DIRI YANG TERENCANA , DAN BERKESINAMBUNGAN.
- MENJALIN NETWORKING YANG SALING MENGUNTUNGKAN DENGAN DUDIKA/PRAKTISI, DAN PEMERHATI PENDIDIKAN DALAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN, DAN PEMASARAN/PENELUSURAN
- TERLAKSANANYA REVITALISASI SARANA PRASARANA SESUAI KEBUTUHAN MASING-MASING KOMPETENSI KEAHLIAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN DAN PERSAINGAN GLOBAL.
Berikut ini adalah tautan ke file SERTIFIKAT AKREDITASI 20101500 SMK Negeri 42 Jakarta Tahun 2019 https://s.docworkspace.com/d/ABoQ5QeNu6okguWL58OmFA